Rabu, 16 Maret 2022

4 Cara Ampuh untuk Meningkatkan Nafsu Makan saat Anak Sakit

Ketika sakit, tubuh akan terasa kurang nyaman dan pastinya akan memengaruhi nafsu makan. Orang dewasa saja banyak yang kehilangan nafsu makan ketika sakit, apalagi anak-anak. Meskipun sakit yang diderita hanya ringan sekali pun, ketika kondisi tidak sehat sudah bisa membuat anak susah makan. Padahal makanan juga berperan penting membantu proses penyembuhan anak.

Trik Meningkatkan Nafsu Makan Saat Anak Sakit

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara ampuh yang dapat Anda praktikkan untuk membuat nafsu makan membaik. Berikut adalah tips dan trik untuk meningkatkan nafsu makan anak.

1.    Meningkatkan Nafsu Makan dengan Makanan Manis

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah menyiapkan makanan manis. Anak yang sedang sakit memiliki nafsu makan kurang sebab apa yang dapat ia rasakan hanya pahit. Apabila Anda menyiapkan makanan yang hambar, ini akan membuat anak semakin malas untuk makan.

Namun, hindari makanan dengan pemanis buatan, sebagai gantinya Anda bisa menyiapkan buah dengan rasa manis dapat membuat nafsu makan anak membaik. Selain memiliki rasa manis yang nikmat, buah juga mengandung beragam nutrisi seperti karbohidrat, serat, dan berbagai vitamin yang baik bagi tubuh anak.

2.    Meningkatkan Nafsu Makan dengan Makanan Favorit

Setiap anak pasti memiliki makanan favoritnya. Cobalah untuk menyediakan makanan favoritnya tersebut untuk merangsang nafsu makannya. Atau, Anda juga bisa menanyakan langsung pada anak apakah ada jenis makanan tertentu yang sedang ingin dimakannya?

Jika makanan yang dimintanya adalah makanan yang aman dan tidak berpotensi memperparah penyakitnya, maka berikanlah. Namun, jika makanan tersebut berpotensi memperburuk penyakitnya, maka ada baiknya jika membujuk anak dengan memberinya pengertian.

3.    Menyiapkan Porsi Sedikit Tetapi Sering

Anak yang sakit kebanyakan akan kehilangan nafsu makan, bahkan ada yang tidak mau makan meskipun itu makanan favoritnya. Memberi anak makanan dengan porsi wajar akan membuatnya memalingkan muka. Namun Anda dapat menyiasati hal ini dengan cara menyiapkan porsi dengan jumlah sedikit.

Biarkan anak memakan dalam porsi yang bisa dia makan, meskipun mungkin hanya satu sendok. Memang saat Anda melihatnya makan hanya dalam porsi sedikit pasti merasa cemas, tetapi ini jauh lebih aman daripada anak menolak makan sama sekali. Dengan tidak memaksanya dan membebaskan anak makan dalam porsi dan waktu yang dia mau, maka anak bisa mengatur sendiri sehingga jumlah makanan yang masuk bisa lebih banyak.

4.    Memancing Nafsu Makan dengan Visual Makanan yang Cantik

Cara terakhir untuk menaikkan nafsu makan anak adalah dengan menyiapkan makanan yang memiliki visual cantik. Biasanya, anak tertarik dengan hal baru. Anda dapat melakukan inovasi seperti membentuk makanan menjadi hewan tertentu untuk menarik nafsu makan anak. Semakin beragam, semakin cepat anak makan.

Makanan adalah sumber nutrisi terpenting dalam tubuh, terutama saat sakit.

Namun jangan memaksa anak untuk makan. Bersabarlah dan beri anak waktu dan lakukan inovasi terbaru dalam membuat makanan agar dapat meningkatkan nafsu makan saat anak sakit.