Senin, 24 Januari 2022

Mudik dengan Mobil? Ini yang Harus Kamu Persiapkan!

Lebaran di tahun 2022 ini  akan jatuh pada bulan Mei nanti. Nah, apakah kamu memiliki rencana mudik dengan keluarga kecil kamu dengan menggunakan mobil pribadi? Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar perjalanan mudik aman. Apa saja? Mari kita ulas bersama.


mudik-aman

        1. Perhatikan Kondisi Tubuh

Kondisi tubuh selama perjalanan menggunakan mobil pribadi merupakan hal yang patut kamu perhatikan. Dengan kondisi tubuh yang fit, maka sepanjang perjalanan mudik kamu tidak akan mudah kelelahan dan jatuh sakit. Sehari sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan kamu istirahat cukup yaitu dengan tidur selama delapan jam. Selain itu, perhatikan juga asupan makanan, ya. Mungkin ada sebagian yang melakukan perjalanan mudik selama bulan puasa, pastikan ketika sahur dan berbuka dengan makanan yang bergizi dan seimbang. Jika memungkinkan, lakukan power nap disela-sela perjalanan. Tidur selama maksimal dua jam bisa meningkatkan semangat ketika sudah merasa kelelahan dijalan.


        2. Persiapkan Barang Bawaan Dengan Matang

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya kamu sudah mengemas barang-barang yang akan kamu bawa ke kampong halaman. Mungkin kamu ingin membawakan buah tangan untuk orang tua dan saudara yang ada di sana. Nah, di sini kamu harus  bisa untuk memisahkan barang-barang sesuai dengan jenisnya. Tujuannya adalah agar kamu gampang untuk mengenali dan jika kamu membutuhkan barang tertentu, kamu sudah tau letak barang bawaan tersebut. Hal ini juga memudahkan kamu untuk menyusun barang-barang ke dalam mobil agar bisa menciptakan ruang yang luas di bagasi mobil.


        3. Pelajari Rute Perjalanan

Hal lainnya yang penting untuk kamu persiapkan adalah mempelajari rute perjalanan untuk mudik. Dengan ini, kamu sudah tahu lokasi-lokasi di mana SPBU, toilet, tempat penginapan, atau mungkin rest area di sepanjang rute perjalanan kamu. Tidak hanya itu, kamu juga tahu titik-titik rawan kemacetan yang bisa kamu hindari dan bisa mencari jalur alternatif lainnya. Ada beberapa aplikasi di ponsel pintar yang bisa kamu unduh dan membantu kamu sepanjang perjalanan nanti.


        4. Siapkan Perangkat Pendukung

Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, kamu juga harus mempersiapkan perangkat pendukung seperti dongkrak, ban serep, serta berbagai perlengkapan mekanik yang bisa kamu bawa dan pergunakan jikalau terjadi kendala terhadap mobil. Tidak kalah penting kotak P3K yang berisi berbagai macam perlengkapan pertama jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


        5. Persiapkan Mobil Kamu

Hal yang paling penting dari semuanya adalah persiapkan mobil dalam keadaan yang prima untuk melakukan perjalanan mudik. Ada beberapa komponen yang harus kamu perhatikan seperti aki, oli mesin, dan radiator. Hal ini dilakukan agar mesin tidak cepat mengalami overheat ketika harus berada diposisi diam yang terlalu lama diakibatkan oleh macet yang tidak terkendali. Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya kamu memeriksakan mobil secara keseluruhan ke bengkel agar perjalanan mudik kamu semakin aman dan nyaman pastinya.


Selain beberapa hal di atas, ada satu hal penting lain yang harus dimiliki agar perjalanan mudik aman, yaitu membeli asuransi mudik dari MSIG Online yang bisa kamu temukan pada link berikut https://www.msigonline.co.id/mudik-aman. Dengan adanya asuransi ini, maka Anda tidak perlu khawatir bila terjadi sesuatu saat di perjalanan karena sudah terlindungi dengan asuransi.

Semoga dengan adanya artikel ini, kamu sudah siap untuk melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi dan sampai tujuan dengan selamat.