Selasa, 08 Februari 2022

Cara Mengajarkan Anak Belajar Membaca Sambil Bermain yang Efektif

Kebanyakan anak mulai belajar membaca antara usia 5 dan 6 tahun. Namun, Anda mungkin tidak tahu cara mengajarkan anak belajar membaca yang efektif. Membaca adalah tahap yang baik dalam perkembangan anak. Membaca adalah bagaimana anak mendengar, belajar, dan membangun kosakata. Anak yang mulai membaca pada usia dini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kosakata dan pemahamannya lebih dari anak-anak lain.


Cara Mengajarkan Anak Membaca Sambil Bermain


1. Gunakan Lagu 


Salah satu cara mengajari anak membaca yaitu dengan menggunakan lagu. Saat anak membaca buku sambil bernyanyi, anak dapat mendengar suara dan suku kata yang membantunya belajar membaca dan mengingat lebih baik.


2. Gunakan Kartu Bergambar


Cara mengajarkan anak belajar membaca dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini. Pertama, Anda dapat memotong kartu bergambar sederhana dan menulis kata atau huruf di atasnya. Kemudian minta anak Anda untuk mengucapkan dan mengeja kata-katanya. Jika balita Anda baru belajar alfabet, fokuslah pada suara yang dihasilkan setiap huruf.


3. Bermain Kosakata


Perkenalkan anak Anda pada permainan kata yang mendorong anak Anda untuk mendengarkan, menghafal, dan mengulangi apa yang Anda katakan..


Tips Mengajarkan Anak Membaca


1. Membaca Bersama


Dengan membacakan buku untuk anak Anda, Anda dapat melatih anak kemampuan pemahaman cerita, menambah kosakata Anda, dan melatih pendengaran anak. Saat membacakan cerita, ibu dapat mengajukan beberapa pertanyaan kepada anak tentang karakter dalam dongeng.


2. Hias Ruangan


Cara efektif mengajari anak membaca adalah dengan mendekorasi ruangan. Untuk membuat anak tertarik, Anda dapat mengajari anak Anda membaca dengan mendekorasi ruangan dengan poster, bagan, stiker, atau gambar agar anak Anda tertarik untuk membaca.


3. Jadikan Kebiasaan Rutin


Semua anak belajar dengan kecepatannya masing-masing, sehingga mereka harus menggunakan berbagai cara efektif untuk mengajar anak-anak mereka membaca. Yang penting adalah menemani anak Anda dan membuat kegiatan belajar Anda menyenangkan serta dijadikan sebagai rutinitas yang menyenangkan.


Cara mengajarkan anak belajar membaca yang efektif bisa didukung dengan memberikan Nutrilon Royal ACTIDuobio+ dengan perpaduan FOS:GOS 1:9, omega 3, omega 6, DHA, prebiotik, vitamin A, dan vitamin E yang juga untuk mendukung perkembangan otaknya.