Sabtu, 08 Januari 2022

Bantu Sesama Melalui Zakat Act, Caranya Mudah dan Terpercaya

Di dalam agama islam tentu kita mengenal istilah zakat. Hal ini tercantum di dalam rukun islam yang mana mewajibkan untuk umat islam membayar zakat bagi yang mampu atau telah memenuhi syarat. Zakat sendiri merupakan sebagian harta yang wajib dikeluarkan bagi setiap umat muslim yang mampu. Saat ini juga terdapat istilah zakat act. 


Act sendiri yaitu kepanjangan dari aksi cepat tanggap. Aksi Cepat Tanggap bukan hanya sekedar kata atau singkatan saja, namun merupakan sebuah lembaga kemanusiaan global profesional  yang berdasarkan kemanusiaan dan kerelawanan masyarakat demi mewujudkan peradaban yang lebih baik.  Lembaga tersebut didirikan 21 April tahun 2005 dan telah resmi secara hukum sebagai yayasan di bidang kemanusiaan dan sosial. Selain itu lembaga ini didukung oleh donatur publik yang terdiri dari berbagai kalangan masyarakat.


Para donatur tersebut memiliki kepedulian yang tinggi terhadap permasalahan bidang sosial dan rasa kemanusiaan serta partisipasi perusahaan  melalui CSR(Corporate Social Responsibility). Lembaga kemanusiaan ini telah mengembangkan dan memperluas serta menambah beberapa program untuk membantu masyarakat Indonesia. Beberapa program tersebut seperti kegiatan tanggap darurat, program di bidang spiritual seperti zakat, wakaf. Program yang saat ini sedang dijalankan yaitu oleh lem aga tersebut yaitu program kesehatan program gizi untuk anak Asmat.


Permasalahan di bidang kesehatan ini memang perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan kesehatan merupakan kebutuhan dasar yang harus terpenuhi, apabila tubuh sehat seseorang bisa melakukan berbagai aktivitas. Namun, apabila keadaan tubuh seseorang tidak sehat, banyak hal yang tidak bisa anda lakukan. Bahkan akan ada larangan-larangan tertentu terhadap makanan apa yang boleh di makan atau tidak.


Umumnya kesehatan sangat identik dengan apa yang kita makan, terutama kebutuhan nutrisi tubuh harus terpenuhi.   Di Indonesia permasalahan gizi ini masih sering ditemui salah satunya gizi buruk pada anak. Gizi buruk merupakan suatu kondisi di mana berat badan dan tinggi badan jauh di bawah ideal.


Gizi buruk merupakan suatu kondisi di mana berat badan dan tinggi badan jauh di bawah ideal. Salah satunya kondisi gizi buruk pada anak yang cukup memprihatinkan yaitu di Asmat. Daerah tersebut berada di Provinsi Papua dimana  pada tahun 2017 masyarakat Asmat terkena wabah gizi buruk dan campak. Berbagai lembaga yang bergerak di bidang sosial serta pemerintah bahu membahu untuk mengatasi hal tersebut tak terkecuali dengan lembaga aksi cepat tanggap (ACT). Lembaga tersebut memberikan bantuan berupa kebutuhan medis dan 100 ton bahan pangan.


Itulah salah satu tindakan nyata yang dilakukan oleh lembaga kemanusiaan ACT. Oleh karena itu para donatur juga dapat memberikan zakat melalui WeCare yang bekerjasama dengan Act. Berikut ini beberapa hal pentingnya membayar zakat yaitu:


1. Menjalankan manusia sebagai makhluk sosial


Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial yang memiliki arti yang mana manusia tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain. Disini dengan kita Memberikan sebagian dari pendapatan yang kita hasilkan atau istilahnya berzakat untuk membantu sesama atau orang yang orang kurang beruntung dalam segi perekonomian. Tindakan ini merupakan Salah satu bentuk rasa peduli terhadap sesama dan telah menjalankan konsep manusia sebagai makhluk sosial.


2. Beribadah


Di dalam agama islam tentu orang muslim sedikit banyak tahu apa  itu zakat dan mengapa zakat itu penting. Pengertian zakat sendiri secara bahasa yaitu bersih atau suci. Hal tersebut memiliki arti berzakat yaitu membersihkan kekayaan yang dimiliki karena dari harta yang dimiliki terdapat hak-hak orang miskin yang harus dipenuhi. Ketentuan zakat juga telah diatur dalam rukun islam.


Itulah beberapa Mengapa zakat itu penting. Saat ini para donatur yang ingin memberikan zakat tidak perlu repot ataupun bingung karena zakat act yang kerjasama dengan WeCare anda debat melunasi dengan mudah secara online.