Kamis, 09 September 2021

5 Tanda Overhaul Perlu Segera Dilakukan Pada Kendaraan Anda

Kualitas mesin kendaraan yang telah dipakai cukup lama atau tidak dirawat secara intensif tentunya lambat laun akan menurun. Jika kerusakannya cukup parah, bisa jadi kendaraan akan mulai menunjukkan gejala yang menjadi tanda overhoul perlu segera dilakukan.


Sebelum membahas mengenai tanda-tanda overhaul yang sering ditunjukkan oleh kendaraan, barangkali sebaiknya Anda mengetahui lebih dulu tentang makna istilah tersebut.

 

Definisi, Tujuan dan Jenis-jenis Overhaul


Overhaul adalah proses perbaikan mesin kendaraan yang dilakukan dengan cara melakukan pembongkaran. Proses ini sering disebut juga dengan istilah turun mesin dan biasanya hanya dilakukan jika mesin mengalami kerusakan cukup parah.


Tujuan proses ini adalah untuk mengembalikan performa mesin kendaraan agar kembali prima. Ada dua jenis overhaul, yaitu mayor (membongkar seluruh kepala dan blok silinder) serta minor atau semi (hanya membongkar kepala silinder).                                                                                               


Tanda Overhaul Perlu Segera Dilakukan pada Kendaraan Anda


Beberapa gejala yang menunjukkan kendaraan perlu turun mesin antara lain:


Knalpot mengeluarkan asap putih dengan aroma yang tidak biasa


Hal ini umumnya terjadi akibat adanya kebocoran pada klep, gasket atau silinder mesin yang menyebabkan oli masuk ke ruang pembakaran.


Temperatur mesin kendaraan menjadi lebih cepat panas


Kebocoran oli, yang seharusnya berfungsi sebagai pendingin dan pelumas, akan membuat mesin kendaraan menjadi lebih cepat panas. Anda perlu mencurigai adanya kerusakan jika suhu mesin terus meningkat padahal kendaraan sedang melaju dengan kecepatan rendah.


Air radiator menyusut drastis dan menjadi berminyak


Air radiator yang menyusut drastis bahkan menyembur saat mesin dinyalakan juga merupakan pertanda kebocoran lain yang cukup mudah diamati. Apalagi jika Anda mendapati air radiator tersebut berminyak karena tercampur dengan oli.


Mesin kendaraan sering tiba-tiba mati atau justru sulit dihidupkan


Mesin kendaraan yang mengalami overheat akan berpotensi mati mendadak. Bisa jadi juga mesin justru sulit dihidupkan setelah berhenti lama. Hal ini biasanya terjadi karena kebocoran oli membuat busi menjadi basah dan proses pengapian tidak berjalan dengan sempurna.


Bagian kepala busi diliputi oli


Kepala busi yang ditemukan basah oleh oli saat dilakukan pemeriksaan kendaraan merupakan bukti yang jelas terjadinya kebocoran pada komponen mesin. Hal ini perlu segera ditanggulangi.


Kondisi kendaraan yang prima sangat menentukan keselamatan Anda saat berkendara. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak abai apabila kendaraan menunjukkan tanda overhaul perlu dilakukan.