Rabu, 18 Agustus 2021

Cara Mudah Daftar eBilling Pajak

Membayar pajak bukan hanya menjadi kewajiban bagi semua warga Negara Indonesia. Bukan hanya menjadi kewajiban namun juga sudah menjadi hak yang harus dipenuhi untuk berpartisipasi langsung dalam pembangunan.


Dengan membayar pajak maka secara tidak langsung setiap warga negara memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun Negara ini.  Karena itu pemerintah melalui dirjen pelayanan pajak telah memberikan kemudahan layanan untuk pembayaran pajak.



Lebih Dalam Mengenal eBilling Pajak


Sebelum lebih lanjut membahas mengenai cara daftar ebilling pajak ada baiknya lebih dalam mengenal tentang  apa yang disebut dengan ebilling pajak. eBilling pajak ini sebenarnya merupakan salah satu bentuk kemudahan cara pelayanan pajak bagi para wajib pajak.


Dengan kata lain yang disebut dengan ebilling pajak adalah merupakan sebuah cara untuk melakukan pembayaran pajak dengan cara online menggunakan ebilling. Jadi yang disebut dengan e billing adalah suatu metode untuk pembayaran pajak dengan cara elektronik.


Cara pembayaran pajak dengan cara elektronik ini pembayarannya dilakukan dengan menggunakan ATM maupun bank persepsi lainnya, Di mana pembayaran tersebut wajib memakai mekanisme ebilling pajak dengan cara daftar ebilling terlebih dahulu.


Fungsi eBilling Pajak


Sebelum masuk ke pembahasan mengenai fungsi dari ebilling pajak, sebelumnya para wajib pajak terlebih dahulu harus memahami apa yang dinamakan dengan ebilling pajak. Agar dapat lebih mudah untuk memahaminya maka harus mengenal billing sistem dan juga kode billing.


Lalu apa sebenarnya yang disebut dengan billing system? Billing sistem ini sebenarnya merupakan sebuah sistem yang dapat menerbitkan sebuah kode billing. Untuk mendapatkan kode ini wajib pajak harus melakukan daftar ebilling.


Sedangkan untuk penggunaan kode ebilling ini untuk melakukan pembayaran pajak dengan cara elektronik. Adanya sistem e billing ini dapat memudahkan wajib pajak untuk melakukan pengisian surat setoran pajak atau SSP dengan benar sesuai transaksi.


Sedangkan yang disebut dengan kode billing merupakan deretan kode yang unik yang berguna untuk melakukan pembayaran pajak. Untuk mendapatkan ebilling ini maka wajib pajak harus melakukan daftar ebilling terlebih dahulu.


Dengan demikian maka fungsi dari e billing ini adalah untuk memudahkan para wajib pajak dalam membuat surat setoran pajak atau SSP elektronik dengan lebih mudah. Selain itu untuk mendapatkan kode billing untuk melakukan pembayaran pajak.


Begini Cara Melakukan Pembayaran Pajak Dengan cara Online Menggunakan eBilling


Untuk melakukan pembayaran pajak dengan cara online menggunakan ebilling, wajib pajak terlebih dahulu harus melakukan daftar ebilling. Berikut ini cara melakukan pendaftarannya, yuk disimak ulasannya.


Membuat Akun Pada Aplikasi Pajak Online


Untuk membuat akun pada aplikasi pajak online ini dapat dilakukan dengan cara langsung mengklik tombol mulai sekarang yang terdapat pada halaman beranda. Kemudian lanjutkan memasukan alamat email, handphone dan lainnya pada kolom yang tersedia klik daftar.


Memastikan Bahwa Wajib Pajak Mempunyai Pajak Terutang


Untuk mengetahui apakah wajib pajak memiliki pajak terutang atau tidak maka wajib pajak harus melakukan perhitungan terlebih dahulu. Caranya dengan melakukan perhitungan pajak otomatis dengan PTKP sebelum daftar ebilling.


Masuk Pada Menu Setor


Setelah mengetahui jumlah pajak terutang yang akan dibayarkan maka wajib pajak bisa langsung masuk ke menu setor untuk melakukan pembayaran pajak. Pada halaman menu ini ada menu setor, ebilling maupun pajak pay.


Membuat ID Billing


Untuk daftar ebilling wajib pajak harus membuat ID billing ini caranya sangat mudah. Wajib pajak tidak perlu untuk melakukan proses perhitungan pajak secara otomatis. Carnyanya tinggal klik saja tombol plus tambah.


Baca Juga : Memahami PPH 21 Pegawai Magang dan Rumus Perhitungannya


Memilih Jenis Pajak Yang Akan Dibayarkan


Setelah selesai membuat ID billing bisa menentukan jenis pajak yang akan dibayarkan. Caranya sangat mudah dengan cara langsung klik pajak lainnya. Maka wajib pajak dapat memilih jenis pajak yang akan dibayarkan.


Memasukan Jumlah Pajak Yang akan Dibayarkan


Setelah semua proses daftar ebilling dilakukan dengan baik dan benar, langkah selanjutnya wajib pajak pajak langsung memasukan besarnya jumlah pajak yang akan dibayarkan. Setelah itu langsung memilih jenis pembayaran namun pastikan mencentang jenis pajaknya.


Masuk ke Detail Pembayaran


Langkah selanjutnya wajib pajak langsung masuk ke menu halaman mengenai detail pembayaran yang akan dilakukan. Di halaman ini wajib pajak harus menuliskan nomor telepon untuk konfirmasi pembayaran. Selanjutnya langsung klik untuk membayar.

Demikian informasi mengenai cara daftar ebilling, semoga dapat bermanfaat terutama bagi para wajib pajak yang ingin melakukan pembayaran pajak dengan cara online menggunakan ebilling.