Senin, 21 Juni 2021

Inilah Cara Pendaftran NPWP Online Yang Patut Diketahui

NPWP saat ini menjadi sesuatu yang sangat penting, kenapa demikian? Karena hampir setiap aktivitas pengajuan apapun itu mencantumkan yang namanya NPWP. Belum lagi jika Anda salah satu owner atau pengusaha wajib memiliki NPWP, agar mudahMengelola pajak serta keuangan perusahaan.

 

Nah, bagi Anda yang beum punya NPWP, berikut ada cara yang lebih praktis, yaitu mendaftar melalui online. Pendaftarn online ternyata disambut dengan antusiasme, tentunya karena prosesnya yang tidak ribet dan lebih efisisen. Anda tidak lagi harus mengantri hanya sekedar untuk mendaftar atau mengisi formulir pendaftaran.


Definisi NPWP

 

Sebelum menyimak bagaimana cara pendaftaran NPWP online, ketahui terlebih dahulu definisi NPWP ini. NPWP adalah singkatan Nomor Pokok Wajib Pajak yang berfungsi menjadi tanda pengenal wajib pajak Yang menerbitkan nomor tersebut aadalah DJP atau Direktorat Jenderal Pajak. Fungsi dari NPWP ini adalah merupakan identitas dari wajib pajak yang kemudian digunakan untuk membayar jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Pendaftaran NPWP Online

 

Berikut adalah panduan cara pendaftaran NPWP secara online yang bisa Anda ikuti. Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang akan dijabarkan, supaya pendaftaran secara online NPWP ini dapat suskses. Tentunya agar pengelolaan baik pajak maupun keuangan perusahaan dapat berjalan secara praktis, efektif serta efisien.

 

Masuk Terlebih Dahulu Pendaftaran NPWP Online

 

Untuk mendaftar online, Anda harus masuk terlebih dahulu ke erek pendaftaran NPWP online. Di laman website tersebut akan ada halaman erek. Tekan “daftar”, baru kemudian Anda bisa mengisi kolom-kolom kosong yang harus di isi. Isi dengan teliti dan secara lengkap, jika sudah periksa kembali baru memudian submit.

 

Membuat Akun

 

Selanjutnya Anda harus memasukkan alamat email aktif lalu membuat password untuk membuat akun. Nanti akan ada email balasan ke email Anda berupa link verifikasi, link tersebut dipakai untuk mengaktivasi akun. Link tersebut berasal dari Ditjen Pajak, jadi Anda tinggal mengikuti intruksi dari link tersebut.

 

Mendaftar Pada Sistem e Registration

 

Pendaftaran NPWP online  berlanjut dengan mendaftar ke sistem e Registration. Caranya yaitu dengan memasukkan alamat email yang telah Anda sertakan dan password yang sudah Anda buat sebelumnya. Jika telah masuk pada halaman untuk registrasi, Anda harus mengisi data diri, isi dengan benar dan lengkap ya.

 

Mengisi Formulir Pada e Registration

 

Selanjutnya Anda harus mengirimkan formulir pendaftaran yang sudah di isi. Caranya yaitu dengan mengirim formulir yang telah diisi pada e Registration sebelumnya. Apabila data diri telah terisi semua, teliti sekali lagi apakah sudah benar atau belum, jika sudah klik “daftar”. Nantinya pihak Kantor pajak akan memproses pengajuan yang Anda buat.


Mengirim Token

Untuk mengetahui apakah proses pendaftaran NPWP online  lancar, Anda bisa melihat pada menu “dasboard” di website ereg pajak. Nantinya pada menu tersebut akan muncul perintah untuk mengirim token. Tinggak klik saja bagian “kirim token”, kemudian isikan “captcha”, jika sudah tinggal tekan “submit”. Nantinya akan ada konfirmasi token yang dikirim ke alamat email Anda.


Baca Juga : Memahami PPH 21 Pegawai Magang dan Rumus Perhitungannya


Memasukkan Kode Unik

 

Silahkan buka email Anda untuk melihat kode unik yang dikirim Dirjen Pajak. Kode unik tersebut harus Anda cantumkan dalam syarat pengajuan NPWP online. Jadi Nada haris sesering mungkin mengecek email ya, karena seua langkah ataupun verifikasi dikirim ke alamat email. Itulah mengapa email yang Anda sertakan haruslah email aktif.

 

Proses pendaftaran NPWP online rampung. Pihak Dirjen pajak akan mengurus proses pengajuan NPWP sebelum menyutujuinya. Nantinya apabila permohonan pengajuan tersebut disetujui, pihak pajak akan mengirimkan nomor NPWP Anda melalui pos. Jadi Anda tinggal menungu di rumah saja.

 

Nah dengan berbekal akun yang sudah terverifikasi tersebut, nantinya Anda akan gampang untuk mengakes aktivitas seputar pajak dan NPWP. Tinggal masuk aplikasi bayar pajak, lalu masuk dengan akun yang Anda buat sebelumnya. Jika ingin bayar pajak tinggal masukkan saja nomor NPWP nya dan transfer. Selesai deh.

 

Bagaimana, nyatanya mendaftar online NPWP gampang bukan. Jika Anda masih mengalami kesulitan, Anda bisa klik cara pendaftaran NPWP online ini. Panduan lengkap akan ada di sana lengkap dengan bagaimana cara menghitung pajak serta penjelasan lainnya yang berkenaan perihal NPWP maupun perpajakan.