Rabu, 23 Desember 2020

Info Terbaru Vaksin Sinochem Siap Untuk Tangkal Corona

Kita ketahui, bahwa saat ini tengah berada dalam situasi yang sulit. Dunia termasuk salah satunya yaitu Indonesia sedang menderita karena pademi yang belum ada habisnya. Virus Corona atau Covid-19 yang kini masih juga menghantui semua orang belum ada obat yang pasti atau vaksinnya. Namun akhir-akhir ini di klaim bahwa sudah ada vaksin yang akan suntikkan yaitu vaksin sinochem. Berikut adalaah info terbaru perkembangan dari vaksn tersebut.

Perkembangan Vaksin Sinochem Di Indonesia


Indonesia saat ini sedang mengembangkan vaksin merah putih, dari vaksin tersebut.  Saat ini uji klinis yang dilakukan terhadap vaksin sudah berada di tahap tiga. Uji klinis pertama dilakukan pada bulan..... kemudian dilanjutkan uji klinis tahap ke dua yaitu pada bulan....Bulan desember ini mulai dilakukan uji klinis terakhir, yaitu tahap ketiga.


Uji Klinis Vaksin Sinochem Tahap I


Sinovac Vaksin Biotechnologi merupakan vaksin asal Tiongkok, Cina. Vaksin ini dikembangkan di negara asalnya sebagai vaksin juga, Cina adalah negara pertama yang berhasil membuat terobosan vaksin tersebut. Mengingat negara tersebut adalah negara pertama ditemukannya virus Covid-19 ini. Pemerintah berupaya untuk segera memberikan perlindungan kepada masyarakat dengan mengembangkan vaksin tersebut.


Karena jika mengunggu ketersediaan vaksin tersebut tertentu akan menunggu waktu yang lama. Pastinya setiap negara akan mendahulukan rakyatnya terlebih dahulu sebelum mereka menjual vaksin tersebut kepada negara lain. Uji klinik tahap I sudah dilakukan, vaksin ini telah disuntikkan kepada relawan yang sehat. Pada tahap I uji klinis di sini bertujuan untuk meneliti keamanan obat atau vaksin.


Uji Klinis Vaksin Sinochem Tahap II


Uji kinis vaksin sinovac tahap ke dua ini sudah dilakukan bulan April. Selain meneliti keamanan vaksin, juga meneliti imunogenisitas atau jumlah pemberian dosis. Jadi pada tahap uji klinis tahap dua ini karakteristik uji samplenya lebih diperluas. Vaksin sudah diberikan kepada lebih banyak orang (lebih dari seribu orang) dengan rentang usia yang lebih luas.


Uji Klinis Vaksin Tahap III


Pada uji klinis tahap tiga adalah penentuan dari evektifitas vaksin dan efek sampingnya bagi tubuh. Karena bisa saja pada uji klinis tahap satu atau tahap dua ada terdapat efek samping namun terlewatkan. Jadi tahap tiga uji klinis ini, akan benar-benar dipastikan terlebih dahulu perihal evektifitas maupun efek sampingnya bagi tubuh manusia. Sehingga saat disuntikkan nantinya vaksin tersebut aman bagi manusia.


Saat ini pemerintah sudah membeli vaksin jadi yang sudah dikembamgkan di Tiongkok terlebih dahulu. Namun dalam pendistribusiannya, tetap menunggu hasil uji klinis tahap yang sedang proses menunggu hasilnya. Uji klinis tahap tiga ini sudah dimulai sejak bulan Agustus dengan disuntikkan pada seribu lebih relawan.


Jika vaksin nanti sudah terbukti aman, maka vaksinasi akan mulai dilakukan dengan tahapan-tahapan sesuai prioritas. Prioritas yang akan dilakukan vaksinasi yang pertama adalah tenaga kesehatan beserta jajarannya. Mengingat mereka adalah orang petama yang langsung bersinggungan dengan penderita Covid-19.


Baru setelah semua tenaga medis mendapatkan vaksinasi, maka akan dilanjutkan kepada anak-anak dan orang tua. Setelah cluster tersebut diselesaikan, maka vaksinasi akan disuntikkan secara menyeluruh kepada masyarakat. Untuk mekanismenya sendiri, tentunya nanti akan di atur sedemikian rupa oleh lembaga terkait.


Diperkirakan vaksin sinochem ini akan selesai pengujiannya pada tahun 2021. Jadi kita harus bersabar menunggu hingga proses ini rampung ya. Nah jika Anda memilki pertanyaan seputar vaksin ini ataupun info Covid-19, Anda bisa bertanya pada Halodoc. Caranya gampang tinggal install aplikasinya di Playstore, Anda sudah bisa berkonsultasi dengan dokter-dokter ahli di sana di manapun Anda berada. Dokter juga akan memberikan resep jika Anda membutuhkan obat.