Selasa, 01 Desember 2020

Barang Bekas Kuliah? Tips Untuk Mahasiswa Kirim Paket Dari Korea ke Indonesia

Pernah tidak kalian berpikir berapa besar biaya yang dikeluarkan para mahasiswa yang belajar di luar negeri untuk mengirim barang-barang mereka saat kuliah. Pemerintah Indonesia telah menerapkan aturan khusus mengenai pengiriman tersebut. Jadi mahasiswa tidak perlu khawatir apabila selesai kuliah nanti berniat mengirimkan barang-barangnya.

Bayangkan bila tidak diberi kemudahan dan aturan khusus, maka berapa banyak yang harus dibayar. Dengan adanya kemudahan-kemudahan yang diberikan, maka diharapkan mahasiswa tidak terbebani dengan biaya pengiriman. Berikut tips untuk mahasiswa yang telah menyelesaikan kuliahnya di Korea:

Kirim Paket Dari Korea ke Indonesia

Tips Kirim Paket Dari Korea Ke Indonesia Untuk Mahasiswa yang Telah Selesai Studi

Pengiriman barang antar negara tentunya memerlukan perhatian khusus agar barang selamat sampai tujuan dalam kondisi seperti saat dikirimkan. Lalu apakah sama pengemasan pengiriman yang dilakukan. Ada 2 cara pengiriman yaitu melalui kapal laut dan pesawat. Nah mari simak cara kirim paket dari korea ke Indonesia melalui kapal laut:

Pengemasan

Untuk pengemasan yang harus diperhatikan adalah bahwa barang yang berada di dalam kardus harus padat. Jangan sisakan rongga yang sekiranya dapat membuat barang di dalam kardus terguncang-guncang dan beresiko membuat kerusakan pada barang. Sumpal ruang kosong agar dapat meminimalisir kerusakan.

Kardus khusus dapat dibeli di kantor pos terdekat. Untuk kirim paket dari korea ke Indonesia kapal laut (kargo) yang digunakan adalah box no. 5. Sedangkan untuk pesawat, ukuran terbesar yaitu box no 6. Kardus sebaiknya dilakban sekelilingnya. Hal ini agar kardus menjadi lebih kokoh dan tidak mudah sobek sehingga barang-barang keluar dari kardus dan rusak. .

Peletakan SK Lulus

Syarat utama agar mendapatkan harga mahasiswa saat adalah dengan melampirkan surat keterangan jadwal wisuda. Surat keterangan dapat dicetak dari sistem 1-cert setelah dinyatakan lulus. Surat ini harus ditempel di kardus bagian luar. Akan lebih baik bila diletakan di bagian atas agar petugas pos mudah melihatnya.

Biaya

Untuk biaya, menggunakan kargo ternyata lebih murah. Tarif pesawat 2x lipat lebih mahal dan akan dikenakan biaya tambahan per 0,5 kg. Selain guncangannya lebih sedikit, barang yang dibawa juga lebih banyak, dan kirim paket dari korea ke Indonesia lebih cepat sampai. Pengecekan via https://ems.epost.go.kr/front.EmsDeliveryDelivery071.postal. 

Tracking

Pelacakan dapat dilakukan di website resmi Post Korea dan atau Pos indonesia. Bila paket masih berada di Korea, maka informasi detail kunjungi website Post Korea. Sedangkan bila hendak mendapatkan informasi detail paket saat di indonesia, dapat dicek langsung di website resmi Pos indonesia.

Begitulah tips kirim paket dari korea ke Indonesia untuk mahasiswa yang telah menuntaskan studi di Korea. Perlu ketelitian saat  mengisi data-data pengiriman agar sampai di alamat tujuan. Bila alamat tidak lengkap, paket akan dikirimkan kembali oleh ke Korea. Lebih detail tentang pengiriman kargo dan pesawat akan dibahas pada artikel selanjutnya.