Minggu, 25 Oktober 2020

Kepanjangan Kata FYI dan Asal Usulnya

Beberapa singkatan bermunculan dengan perkembangan komunikasi online. FYI adalah salah satunya yang lahir beberapa dekade sebelum Internet ditemukan, tetapi benar-benar melonjak ketika semua orang mulai menggunakan email. Jadi kepanjangan dari FYI adalah For Your Information. FYI biasanya digunakan dalam email, pesan singkat atau memo dan pesan media sosial, untuk menginformasikan sebagai pesan informasional, dengan maksud untuk mengkomunikasikan kepada penerima bahwa mereka mungkin tertarik dengan topik tertentu, FYI juga sering digunakan dalam dunia bisnis. Penggunaan kata FYI sudah ada sejak tahun 1941. Penggunaan awal yang penting terjadi dalam sebuah episode pada tahun 1959 dari The Twilight Zone, "One for the Angels.".

FYI adalah bagian dari serial Request for Comments (RFC). Serial catatan FYI ini dirancang sebagai pusat penyimpanan informasi tentang topik apa pun yang berhubungan dengan Internet. Di Indonesia, kata FYI digunakan dalam konteks formal maupun nonformal. Banyak yang menggunakan kata ini sebagai awalan apabila ingin menceritakan tentang suatu hal yang sekiranya penting untuk didengarkan. Bahkan dikalangan anak muda banyak yang menggunakan kata ini hanya untuk sekedar memberi kabar dengan temannya.


Di dalam konteks Bahasa Inggris untuk pemula, kata FYI juga digunakan untuk memberikan suatu informasi yang penting, baik dalam konteks formal maupun nonformal. FYI biasanya digunakan, bahkan dalam komunikasi profesional, untuk menunjukkan bahwa pesan atau bagian dari pesan hanya untuk tujuan informasi dan tidak memerlukan tindakan apa pun. Inilah mengapa Kamu akan sering melihat FYI dalam subjek email. Dalam situasi formal, dan terutama di baris subjek email, ada baiknya untuk menulis FYI dengan huruf besar semua — terlihat sedikit lebih profesional. Jika Kamu menggunakan singkatan dalam percakapan informal, Kamu masih dapat menulisnya dalam huruf besar semua, tetapi Kamu tidak perlu melakukannya.


Dirasa tidak perlu penjelasan terlalu panjang untuk singkatan FYI, karena tidak asing lagi diucap dan didengar ya. 

0 komentar:

Posting Komentar