Minggu, 14 Juni 2020

Jangan Sembarangan, Inilah Cara Paling Tepat Menggunakan Lem Pipa

Menggunakan lem pipa ternyata tidak boleh sembarangan. Ada prosedur-prosedur tersendiri yang jika tidak dilakukan dengan tepat akan mengakibatkan berbagai masalah, seperti pipa tidak menyatu dengan sempurna, daya rekat lem kurang lama, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan lem pipa dengan benar berikut ini.

 

Cara Menggunakan Lem Pipa dengan Benar

 

1.  Membersihkan pipa

 

Langkah ini biasanya sering diabaikan oleh banyak orang karena mengira tidak terlalu berpengaruh. Padahal, tahap ini merupakan salah satu yang cukup penting. Pipa yang kotor akan menghalangi permukaan yang akan ditempelkan dan bisa mengakibatkan pipa tidak bisa menempel dengan sempurna.

 

Selain membersihkan pipa, Anda juga perlu mengampelas permukaan yang hendak direkatkan agar permukaannya bisa rata.

 

2.  Mengoleskan lem

 

Setelah memastikan permukaan yang hendak dilem sudah rata dan tidak ada kotoran yang menempel, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah mengoleskan lem. Oleskan lem secukupnya, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit.

 

Jika perlu, gunakan sarung tangan untuk menghindari lem yang terkena bagian tangan.

 

3.  Menyambungkan pipa

 

Saat lem masih dalam kondisi basah, tempelkan bagian pipa yang akan direkatkan. Jika Anda menempelkan pipa ketika lem sudah dalam kondisi kering, hal tersebut akan menyulitkan pipa untuk merekat dengan sempurna.

 

Pastikan seluruh permukaan yang hendak ditempelkan menyentuh bagian satu sama lain dengan sempurna.

 

4.  Menutup lem

 

Jangan lupa untuk segera menutup lem setelah digunakan. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah lem yang mengering dan susah untuk digunakan kembali.

 

5.  Menunggu hingga kering

 

Tunggu sekitar 2 jam untuk membiarkan lem mengering. Hindari pipa dari guncangan atau gerakan yang bisa menggeser posisi bagian yang sedang direkatkan. Setelah lem benar-benar sudah kering, pipa sudah bisa digunakan dan bisa menahan tekanan air.

Itulah tadi lima cara mudah untuk menggunakan lem pipa agar mendapatkan hasil yang maksimal. Meski terlihat sepele, namun melewatkan satu langkah saja bisa membuat kualitas rekatan dari lem kurang bagus. Jadi, perhatikan langkah di atas dengan baik.

Banyak lem pipa air yang ada di pasaran, namun satu yang terbaik adalah lem pipa RuGlue dari Rucika. Dengan teknologi canggih, lem ini mampu menjamin sambungan antara pipa dan fitting menjadi lebih kuat, menyatu dan tahan lama. Penasaran, langsung cek saja website Rucika di www.rucika.co.id!

0 komentar:

Posting Komentar