Senin, 13 Juli 2020

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Salah Pilih

Percaya atau tidak, memilih jurusan kuliah tidaklah segampang memilih ringtone ponsel. Butuh persiapan matang, karena sangat berhubungan dengan masa depan kamu nanti.

Makanya butuh panduan dan tips tepat, agar kamu tak salah pilih dan bisa lulus sebagai calon pekerja dengan skill yang mumpuni. Ini dia tips hebatnya untuk kamu!

Sumber : Tribunnews

5 Tips Berikut Wajib Kamu Terapkan

Lima tips ini sudah terbukti bisa membantu seorang lulusan SMA sederajat seperti kamu, menemukan jurusan kuliah yang tepat. Bukan saja untuk nyaman berkuliah, tapi juga punya prospek masa depan yang cerah.

1.   Seimbangkan Minat dan Potensi?

Kamu harus pahami terlebih dahulu apa minatmu.

Misalnya kamu menyukai komunikasi dengan orang banyak, dan didukung oleh nilai pelajaran Bahasa Indonesia dan Inggris yang Bagus. Maka kamu bisa memilih jurusan yang berhubungan dengan komunikasi seperti Ilmu Komunikasi sejenisnya.

2.   Berapa Uang Kuliahnya?

Pastikan untuk mengetahui berapa uang kuliah perbulan yang harus kamu bayar nanti. Jangan sampai kamu harus putus kuliah karena orangtua tak memiliki uang cukup untuk biaya kuliah.

Misalnya kamu ingin melakukan pendaftaran PPM Manajemen, pastikan untuk bertanya ke bagian administrasinya terlebih dahulu atau pihak kampus lainnya berapa biaya kuliah di sana.

Jadi kamu tidak kaget dan bisa mempersiapkan diri untuk pembayaran setiap semester yang sesuai jadwal.

3.   Apakah Sudah Terakreditasi? 

Tidak semua kampus perkuliahan memiliki akreditasi yang bagus, terutama swasta. Kamu harus benar-benar memastikan bahwa calon tempat kuliahmu sudah terakreditasi.  Karena hal ini akan sangat berhubungan dengan kesempatan kerja di masa yang akan datang. 

4.   Bagaimana Kesempatan Kerja Nanti?

Pastikan lowongan kerja yang ada untuk jurusan yang akan kamu pilih bervariasi. Jadi saat lulus kuliah nanti kamu bisa langsung melamar kerja ke banyak perusahaan, sehingga kesempatan cepat dapat kerja terbuka lebar.

5.   Konsultasi Dengan Orang Berpengalaman

Jangan takut untuk berkonsultasi dengan orang yang sudah berpengalaman. Sebab daftar kuliah itu sangat penting untuk masa depan, jangan sampai kamu merasa percaya diri sendiri dan ternyata salah pilih jurusan.

Akibatnya, bukan saja masa depanmu yang tidak jelas tapi orang tua pastinya akan kecewa.

Jangan Pilih Jurusan Karena Ikut-Ikutan

Satu hal lagi yang tak kalah penting dalam memilih jurusan adalah, kamu jangan sampai memilih jurusan hanya karena ingin dekat dengan teman-teman. Karena belum tentu minat dan potensi kamu sama dengan mereka, termasuk kesanggupan dalam hal biaya kuliah.

Jadi jangan sampai menyesal kemudian, dan sebaiknya fokus pada diri sendiri tanpa campur tangan teman sekolah. Sebab percaya atau tidak, yang menentukan nasib kamu adalah kamu sendiri bukan para sahabat yang selama SMA selalu ada di sampingmu.

Semakin tepat kamu memilih jurusan kuliah, akan semakin besar peluang jadi orang sukses.

Itulah sederet tips yang bisa kamu gunakan saat ingin memilih jurusan kuliah. Jangan sampai masa depan kamu buram hanya karena salah pilih jurusan, yang berakibat kurang maksimalnya kamu saat kuliah. Dan pastinya akan berdampak pada hasil akhir perkuliahan dan kesempatan  untuk mendapatkan pekerjaan sesuai keinginanmu.

Kamu ingin dapat banyak informasi tentang semua hal yang berkaitan dengan PPM Manajemen atau kampus lain incaranmu?

Manfaatkan aplikasi goKampus yang punya informasi lengkap. Bahkan ada layanan dana pendidikan untuk kamu yang dananya terbatas namun sangat ingin kuliah. Tunggu apalagi, download dan rasakan manfaatnya.

0 komentar:

Posting Komentar