Kamis, 18 Juni 2020

4 Cara Membuat Sendiri Masker Kain untuk Anak-Anak

Masa pandemi seperti sekarang, masker menjadi salah satu barang yang paling dibutuhkan. Masker yang  paling banyak dicari adalah masker jenis surgical mask. Maka dari itu, masyarakat beralih ke masker kain. Tak orang dewasa, anak-anak pun haru memakai masker untuk kesehatannya. Berikut ini cara membuat sendiri masker kain untuk anak-anak!


1.    Meyiapkan Alat dan Bahan

 

Hal utama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan untuk membuat masker kain. Bahan utamanya adalah kain katun. Kain ini dipilih karena memiliki bahan yang  lembut dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit wajah. Sedangkan alat yang digunakan adalah  jarum, benang, mesin jahit (jika ada), peniti atau penahan kain lainnya.

 

Kain yang dibutuhkan sebanyak empat strip dan memiliki panjang sekitar 45 cm. Kain ini digunakan sebagai pengait ke telinga. Jika tidak ada, bisa diganti dengan tali sepatu berjumlah empat yang sama panjang. Bahan utama untuk maskernya, bisa menggunakan sarung bantal berbahan katun, atau menggunakan kaos katun tak terpakai.

 

2.    Mencuci Kain Bahan Masker

 

Agar masker steril karena terbuat dari bahan bekas, sebelum dibuat harus dicuci terlebih dahulu. Masker yang sudah dipotong sesuai ukuran wajah anak Anda, bisa langsung dicuci. Mencuci kain hingga bersih dan jangan sampai meninggalkan busa. Setelah itu, kain yang  sudah dicuci bersih  langsung dikeringkan hingga kering dalam satu kali pengeringan.

 

Kain yang digunakan berlapis dua, hal ini dimaksudkan agar bagian tengah dari masker bisa diisi dengan tisu. Tisu ini berfungsi sebagai filter udara kotor. Sehingga meskipun menggunakan bahan kain, namun tetap berfungsi untuk mencegah udara kotor masuk.

 

3.    Menggunakan Pola yang Berbeda

 

Kain yang digunakan menggunakan dua pola yang berbeda. Cara ini digunakan agar dapat membedakan bagian depan dan belakang  kain. Sehingga jika kain yang digunakan dilepas untuk sementara, anak Anda tidak akan menggunakan secara terbalik. Cara ini menghindari kain yang diluar tertukar dan menimbulkan kontaminan pada wajah anak Anda.

 

4.    Menjahit Kain Menjadi Masker

 

Kain yang sudah dipotong dan dibedakan polanya, selanjutnya ditumpuk menjadi satu kesatuan. Cara menjahitnya dengan menghadapakan kain bagian belakang menghadap ke depan. Kemudian jahit setiap sisi agar kain menyatu dan menjadi masker. Jangan lupa untuk menyisakan sedikit ruang di bagian ujung untuk tempat tali pengaitnya.

 

Setelah selesai, tali yang sudah disiapkan dimasukkan ke dalam ruang kain yang telah disisakan. Agar mudah memasukkannya, bisa dibantu menggunakan peniti. Hal ini bertujuan agar tali tidak bergeser saat akan dijahit. Kemudian jahit secara keseluruhan, setelah itu dicuci bersih.

 

Itulah  cara membuat sendiri masker kain untuk Anda. Praktis dan ekonomis karena menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah  Anda. Selain itu, Anda bisa memesan dengan mudah masker fullprint dengan corak yang diinginkan agar sesuai dengan baju yang dikenakan anak.

0 komentar:

Posting Komentar