Sabtu, 04 Januari 2020

Perawatan Luka Bakar dengan Memanfaatkan Bahan Alami

Luka bakar merupakan cedera pada tubuh yang penyebabnya adalah suhu tinggi alias panas. Luka bakar bisa terjadi tidak selalu dikarenakan api, bisa juga karena kondisi sejenis lainnya seperti terkena percikan air panas, minyak panas, memegang benda yang panas, sampai dengan tersengat listrik. Cara merawat luka bakar tentunya terdapat perbedaan dengan cara merawat jenis luka yang lain seperti lecet misalkan.


Merawat luka bakar tergantung pada tingkatannya, karena setidaknya ada tiga tingkatan luka bakar. Tingkat pertama adalah yang paling ringan, dimana bagian yang mengalami luka adalah permukaan kulit dan umumnya hanya ditandai dengan pembengkakan atau permukaan kulit yang merah. Kemudian tingkat kedua adalah luka bakar yang mengenai lapisan kulit lebih dalam dan biasanya disertai dengan melepuh. Sedangkan tingkat tertinggi yaitu ketiga adalah luka bakar yang membuat semua lapisan kulit mengalami kerusakan dengan ditandai kulit menjadi putih seperti lilin, berubah menjadi gosong ataupun sampai dengan membuat kerusakan pada tulang.

Nah, untuk tingkatan luka bakar yang pertama, dimana merupakan tingkat ringan dapat dirawat sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan alami. Namun pastinya dengan langkah merawat luka bakar yang tepat. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka bakar tingkat ringan:

1.   Air Dingin

Perlu diingat bahwa air dingin yang dimaksudkan disini bukanlah air es, melainkan air dengan suhu sejuk. Cara memanfaatkan air dingin untuk mengatasi luka bakar adalah cukup dengan menyiramkan ke bagian yang terluka selama kurang lebih 15 menit. Lalu bersihkan area yang terkena luka bakar menggunakan sabun yang lembut seperti sabun bayi.

2.   Aloe Vera

Lidah buaya atau aloe vera diklaim memiliki sifat antiradang yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri, melembabkan kulit serta memicu penyembuhan luka. Telah ada beberapa studi yang menunjukkan bahwa lidah buaya mampu membantu penyembuhan luka bakar tingkat ringan. Cara memanfaatkannya sendiri cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bagian tubuh yang terluka.

3.   Madu

Madu juga memiliki sifat antiradang dan juga antibakteri yang dapat membantu proses penyembuhan luka bakar. Untuk memanfaatkannya sangat mudah, cukup dengan mengoleskan madu pada bagian yang terluka.

Selain memanfaatkan tiga bahan alami tersebut, tips merawat luka bakar yang lainnya lagi adalah menghindarkan luka dari sinar matahari langsung. Selain itu juga tidak disarankan untuk menekan bagian yang melepuh agar tidak infeksi. Biarkan bagian melepuh tersebut meletus sendiri. Laman guesehat.com bisa menjadi referensi untuk mendapatkan berbagai info kesehatan terbaru seperti perawatan pada luka bakar.

0 komentar:

Posting Komentar